+628 2229 2229 64 al.maunah.sunsal@gmail.com

Fuqoro’ dan Masakin

Dalam bantuan ini terbagi menjadi dua. Bantuan rutin berupa sembako dan bantuan tidak rutin seperti permodalan usaha dan zakat.

Bantuan rutin

            Sembako berupa beras masing masing setiap KK akan diberikan sebanyak 10 Kg. Dan untuk muslimin yang benar-benar membutuhkan / sekiranya anggota keluarganya terlalu banyak, maka ada tiga alternatif. Pertama, dengan menambah bantuan gula dan minyak goreng untuk masing – masing KK 1 Kg gula dan 1 liter minyak goreng. Kedua, dengan menambah bantuan beras menjadi 15 Kg sampai 20 Kg. Atau dengan cara yang ketiga yakni memberikan uang belanja kepada fuqoro’ dan masakin tersebut agar membelikan keperluannya sendiri dengan catatan jika memang benar-benar diperlukan. Dan seluruh bantuan tersebut di berikan per-bulan.

            Adapun untuk mengetahui orang tersebut layak diberikan bantuan atau tidak, maka harus melalui beberapa tahap. Pertama mengajukan diri kepada kabag. Sosial Al Ma’unah => mendata pemohon => mengajukan ke Kabid. Bantuan dan pelayanan sosial => meninjau pemohon => Kabid. memberikan keputusan apakah di Acc atau tidak.

Bantuan tidak rutin

  • Permodalan usaha

          Dalam bantuan ini Al Ma’unah tidak memberikan bantuan modal usaha kecuali ada dana sudah ada dan memang pengalokasian dana tersebut untuk bantuan permodalan usaha. Adapun penerima bantuan modal usaha dipilih sendiri oleh Al Ma’unah dengan persetujuan ketua dan pembina yayasan, bukan dari pengajuan seseorang.

  • Zakat

           Dalam penyaluran zakat Al Ma’unah mengeluarkan sesuai dengan dana zakat yang diterima dari muzakki. Adapun didalam pendataan penerima zakat maka Al Ma’unah menugaskan orang-orang kepercayaan Al Ma’unah yang berada di daerah masing-masing daerah untuk mendata, menganalisa apakah kriteria sebagai penerima zakat telah terpenuhi atau tidak, dan menyerahkan data ke kabid. Soial Al Ma’unah, kemudian menyalurkan dana zakat sesuai data yang telah tercatat di Al Ma’unah, serta memperbarui data dengan mendata ulang setiap tahun.